Tsunami after 8.9 Japan quake | Papua | Halahera



Sebuah tsunami ganas menelurkan oleh salah satu gempa bumi terbesar yang pernah tercatat membanting pantai timur Jepang Jumat, menewaskan sedikitnya 60 orang seperti menyapu perahu, mobil dan rumah sementara kebakaran luas terbakar di luar kendali. peringatan Tsunami menyelimuti seluruh Pasifik, sejauh Amerika Selatan, Kanada, Alaska dan seluruh AS Pantai Barat.


Besarnya gempa 8,9 melepaskan lepas pantai tsunami 23 kaki (7 meter) dan diikuti oleh lebih dari 50 gempa susulan selama berjam-jam, banyak dari mereka lebih dari besarnya 6.0. Polisi mengatakan sedikitnya 60 orang tewas dan 56 hilang. Korban tewas kemungkinan besar akan terus naik mengingat skala bencana.


Pemerintah memerintahkan ribuan warga di dekat pembangkit listrik tenaga nuklir di kota Onahama untuk mengevakuasi karena sistem pabrik tidak mampu untuk mendinginkan reaktor. reaktor itu tidak bocor radiasi tapi intinya tetap panas bahkan setelah shutdown. Tanaman ini 170 mil (270 kilometer) timur laut Tokyo.


Puluhan kota dan desa-desa di sepanjang hamparan (2.100 kilometer) 1.300 mil dari garis pantai yang terguncang oleh tremor kekerasan yang mencapai jauh seperti Tokyo, ratusan mil (kilometer) dari pusat gempa.


"Gempa bumi telah menyebabkan kerusakan besar di daerah yang luas di Jepang utara," kata Perdana Menteri Naoto Kan di sebuah konferensi pers.


Trouble dilaporkan di dua pembangkit nuklir lainnya juga, tetapi tidak ada kebocoran radiasi pada setiap.


Bahkan untuk sebuah negara yang digunakan untuk gempa bumi, yang satu ini adalah proporsi mengerikan karena tsunami yang jatuh ke darat, menelan segala sesuatu di jalan karena melonjak beberapa kilometer (kilometer) daratan sebelum mundur. Gambar apokaliptik dari bergelombang siaran air oleh jaringan TV Jepang mirip adegan dari film Hollywood bencana.


kapal ikan besar dan kapal laut lainnya berkuda gelombang tinggi ke kota-kota, membanting terhadap layang atau Scraping bawah mereka dan gertakan kabel listrik di sepanjang jalan. Terbalik dan sebagian kendaraan terendam terlihat terayun-ayun di air. Kapal berlabuh di pelabuhan jatuh terhadap satu sama lain.


Jalan raya untuk daerah pesisir paling parah rusak berat dan komunikasi, termasuk saluran telepon, yang bentak. Layanan Kereta di Jepang timur laut dan di Tokyo, yang biasanya melayani 10 juta orang per hari, juga ditangguhkan, meninggalkan nomor yang tak terhitung terdampar di stasiun atau berkeliaran di jalanan. Bandara Narita Tokyo ditutup selamanya.


Jesse Johnson, yang berasal dari negara bagian Nevada, yang tinggal di Chiba, Tokyo utara, sedang makan di sebuah restoran sushi dengan istrinya ketika gempa melanda.


"Pada awalnya tidak merasa tidak biasa, tetapi kemudian ia pergi dan terus Jadi aku mendapatkan diriku dan istri saya di bawah meja,." Katanya kepada Associated Press. "Saya sudah tinggal di Jepang selama 10 tahun dan saya belum pernah merasakan hal seperti ini sebelumnya. Ini gempa susulan terus datang Itu sampai pada titik di mana saya tidak tahu apakah itu saya gemetar atau gempa bumi.."


Gelombang air berlumpur mengalir di atas tanah pertanian dekat kota Sendai, membawa bangunan, beberapa di atas api, pedalaman sebagai mobil berusaha untuk mengusir. Sendai bandara, utara Tokyo, itu dibanjiri dengan mobil, truk, bus dan lumpur tebal didepositkan landasan pacu tersebut. Api menyebar melalui bagian kota, publik NHK melaporkan.


Lebih dari 300 rumah hanyut dalam Ofunato City saja. Tayangan televisi menunjukkan puing-puing hancur, menumbangkan pepohonan, mobil terbalik dan jalan-jalan kayu hancur sampah.


Tsunami meraung atas tanggul, mencuci sesuatu di jalan pedalaman sebelum berbalik arah dan membawa mobil, rumah dan keluar sampah lainnya ke laut. Flames menembak dari beberapa rumah, mungkin karena pipa gas meledak.


"Penilaian awal kami menunjukkan bahwa ada telah kerusakan besar," kata Kepala Sekretaris Kabinet Yukio Edano. "Kami akan melakukan upaya maksimal bantuan didasarkan pada penilaian tersebut."


Dia mengatakan Departemen Pertahanan mengirim pasukan ke daerah yang terkena gempa. Sebuah pesawat utilitas dan beberapa helikopter dalam perjalanan.


Sebuah kebakaran besar meletus di kilang minyak Cosmo di kota Ichihara di prefektur Chiba dan dibakar di luar kontrol dengan 100-kaki (30 meter) api-tinggi mendera ke langit.


Dari Prefektur Miyagi Jepang timur laut itu, NHK memperlihatkan gambar sebuah kapal besar yang sedang hanyut dan adukan langsung ke pemecah ombak di kota Kesennuma.


NHK mengatakan lebih dari 4 juta bangunan tanpa listrik di Tokyo dan sekitarnya.


Juga di Miyagi, kebakaran terjadi di sebuah gedung turbin pembangkit listrik tenaga nuklir, tetapi kemudian padam, kata Tohoku Electric Power Co kata perusahaan itu.


Sebuah wilayah reaktor pabrik di dekatnya bocor air, kata perusahaan itu. Tapi itu belum jelas apakah kebocoran itu disebabkan oleh air tsunami atau sesuatu yang lain. Tidak ada laporan tentang kebocoran radioaktif di salah satu pembangkit listrik tenaga nuklir Jepang.


Jefferies International Limited, sebuah kelompok investasi global perbankan, mengatakan diperkirakan kerugian keseluruhan menjadi sekitar $ 10 miliar.


Survei Geologi AS mengatakan gempa sore 2:46 adalah berkekuatan 8,9, gempa bumi terbesar untuk memukul Jepang sejak pejabat mulai menyimpan catatan pada akhir 1800, dan salah satu yang terbesar yang pernah tercatat di dunia.


Gempa melanda pada kedalaman enam mil (10 kilometer), sekitar 80 mil (125 kilometer) di lepas pantai timur, kata badan itu. Daerah ini 240 mil (380 kilometer) timur laut Tokyo.


Sebuah peringatan tsunami diperpanjang ke sejumlah Pasifik, Asia Tenggara dan Amerika Latin negara, termasuk Jepang, Rusia, Indonesia, Selandia Baru dan Chile. Di Filipina, pihak berwenang memerintahkan evakuasi masyarakat pesisir, tetapi tidak ada gelombang biasa yang dilaporkan.


Ribuan orang mengungsi dari rumah mereka di Indonesia setelah para pejabat memperingatkan tsunami sampai dengan 6 kaki (2 meter) tingginya. Tapi gelombang hanya 4 inci (10 cm) diukur. Tidak ada ombak besar datang ke Kepulauan Mariana Utara, sebuah wilayah AS, baik.


Gelombang pertama menghantam Hawaii sekitar 1400 GMT (09:00 EST) Jumat. Para pejabat memperkirakan mereka akan mengalami gelombang sampai dengan 6 kaki (2 meter).


Di Tokyo pusat kota, bangunan-bangunan besar bergetar keras dan pekerja dituangkan ke jalan untuk keselamatan. tayangan televisi menunjukkan bangunan besar di atas api dan asap pekik di distrik Odaiba Tokyo. Para membungkuk getaran ujung atas Tokyo Tower ikonik, suatu (333 meter) 1.093 kaki struktur baja terinspirasi oleh Menara Eiffel di Paris.


Osamu Akiya, 46, sedang bekerja di Tokyo di kantornya di sebuah perusahaan perdagangan ketika gempa melanda.


Ini dikirim rak buku dan komputer menerjang ke lantai, dan retak muncul di dinding.


"Saya telah melalui banyak gempa bumi, tapi aku belum pernah merasakan hal seperti ini," katanya. "Saya tidak tahu apakah kita akan bisa mendapatkan malam pulang."


Rekaman di NHK dari kantor Sendai mereka menunjukkan karyawan tersandung sekitar dan buku-buku dan kertas menabrak dari meja. Hal ini juga menunjukkan tempat penampungan kaca di halte bus di Tokyo benar-benar dihancurkan oleh gempa dan seorang wanita menangis di dekatnya sedang dihibur oleh wanita lain.


Beberapa gempa bumi telah menghantam daerah yang sama dalam beberapa hari ini, termasuk berkekuatan 7,3 satu hari Rabu yang menyebabkan tidak ada kerusakan.


Hiroshi Sato, manajemen bencana resmi di Prefektur Iwate utara, mengatakan para pejabat sedang mengalami kesulitan mendapatkan gambaran keseluruhan dari kehancuran.


"Kita bahkan tidak mengetahui tingkat kerusakan. Jalan rusak parah dan dipotong hanyut puing-puing tsunami, mobil dan banyak hal lainnya," katanya.


Puluhan kebakaran dilaporkan di prefektur utara Fukushima, Sendai, Iwate dan Ibaraki. Collapsed rumah dan tanah longsor juga dilaporkan di Miyagi.


terburuk gempa sebelumnya Jepang itu pada tahun 1923 di Kanto, sebuah gempa 8,3 SR yang menewaskan 143.000 orang, menurut USGS. Sebuah gempa berkekuatan 7.2 di kota Kobe pada tahun 1996 menewaskan 6.400 orang.


Jepang terletak di "Cincin Api" - sebuah busur dan zona gempa vulkanik peregangan sekitar Pasifik dimana sekitar 90 persen gempa dunia terjadi, termasuk salah satu yang memicu 26 Desember 2004, tsunami Samudera Hindia yang menewaskan diperkirakan 230.000 orang di 12 negara. A magnitude-8.8 pusat gempa yang mengguncang Chili Februari lalu juga menimbulkan tsunami dan menewaskan 524 orang.
 


No comments:

Post a Comment