Bentuk dan isi Brosur | Cara Membuat Brosur



Brosur adalah selebaran, pamflet atau selebaran yang digunakan untuk menyampaikan informasi tentang sesuatu. Brosur mengiklankan potongan terutama digunakan untuk memperkenalkan sebuah perusahaan atau organisasi dan menginformasikan tentang produk dan / atau jasa kepada khalayak sasaran. Brosur yang didistribusikan oleh radio, membagikan secara pribadi atau ditempatkan dalam rak brosur. Mereka dapat dianggap sebagai sastra abu-abu. Mereka biasanya hadir di dekat tempat-tempat wisata.

Jenis yang paling umum dari brosur satu-lembar adalah dua kali lipat (satu lembar dicetak pada kedua sisi dan dilipat menjadi dua bagian) dan tri-lipat (sama, tapi dilipat menjadi tiga). Sebuah hasil brosur bi-kali lipat dalam empat panel (dua panel di setiap sisi), sedangkan hasil tri-kali lipat dalam enam panel (tiga panel di setiap sisi).

Pengaturan folder lainnya yang mungkin: akordeon atau metode "z kali lipat", metode "c-kali lipat", dll lembar lebih besar, seperti yang dengan peta rinci atau menyebar foto ekspansif, dilipat menjadi empat, lima, atau enam panel . Ketika dua kartu fasia yang ditempelkan di panel luar brosur z dilipat, umumnya dikenal sebagai "z-card".

Brosur Booklet terbuat dari beberapa lembar paling sering pelana dijahit, dijepit di tepi berkerut, atau sempurna terikat seperti buku saku, dan mengakibatkan delapan panel atau lebih.

Brosur sering dicetak menggunakan empat warna proses di tebal, kertas glossy untuk memberikan kesan awal kualitas. Bisnis dapat mencetak jumlah kecil brosur pada printer komputer atau pada printer digital, namun cetak offset ternyata jumlah yang lebih tinggi untuk biaya kurang.

Dibandingkan dengan selebaran atau surat edaran yang, brosur biasanya menggunakan kertas berkualitas tinggi, warna yang lebih, dan dilipat.





Bila terdiri dari satu halaman, brosur atau pamflet umumnya dicetak pada kedua sisi, dan dilipat dengan pola lipatan tertentu hingga membentuk sejumlah panel yang terpisah. Pamflet yang hanya terdiri dari satu lembar/halaman sering disebut selebaran (bahasa Inggris: leaflet, flier, atau flyer). Selain itu, brosur yang memuat informasi tentang produk disebut juga sebagai katalog produk atau sering hanya disebut katalog.

Brosur atau pamflet memuat informasi atau penjelasan tentang suatu produk, layanan, fasilitas umum, profil perusahaan, sekolah, atau dimaksudkan sebagai sarana beriklan. Informasi dalam brosur ditulis dalam bahasa yang ringkas, dan dimaksudkan mudah dipahami dalam waktu singkat. Brosur juga didesain agar menarik perhatian, dan dicetak di atas kertas yang baik dalam usaha membangun citra yang baik terhadap layanan atau produk tersebut.

Buklet sering memiliki sampul, halaman judul, dijilid, dan memiliki jumlah halaman lebih banyak dari pamflet. Bentuknya sering terlihat seperti buku berukuran kecil. Berbeda dengan brosur atau pamflet, buklet bukan merupakan sarana beriklan secara langsung.

Sejumlah produk konsumen seperti barang elektronik, sering menyertakan buklet berisi spesifikasi produk atau penjelasan cara penggunaan. Buklet yang menyertai barang elektronik kadang-kadang memiliki jumlah halaman yang banyak dan tidak untuk habis dibaca dalam satu kali kesempatan. Album rekaman, seperti kaset atau CD sering menyertakan buklet yang berisi lirik lagu, foto, dan nama-nama artis pendukung.


No comments:

Post a Comment