Diabates | Pengertian dan defenisi Diabetes | Kencing Manis







Diabetes mellitus, sering hanya disebut sebagai diabetes-adalah sekelompok penyakit metabolik di mana seseorang memiliki gula darah tinggi, baik karena tubuh tidak memproduksi insulin yang cukup, atau karena sel tidak merespon insulin yang dihasilkan. Gula darah tinggi ini menghasilkan gejala klasik poliuria (sering kencing), polidipsia (haus meningkat) dan polifagia (kelaparan meningkat).



Bentuk lain dari diabetes mellitus termasuk diabetes bawaan, yang karena cacat genetik sekresi insulin, diabetes-fibrosis kistik terkait, diabetes steroid disebabkan oleh dosis tinggi glukokortikoid, dan beberapa bentuk diabetes monogenik.



Semua bentuk diabetes telah diobati sejak insulin menjadi tersedia pada tahun 1921, dan diabetes tipe 2 dapat dikontrol dengan obat-obatan. Kedua tipe 1 dan 2 adalah kondisi kronis yang biasanya tidak dapat disembuhkan. Transplantasi pankreas telah dicoba dengan keberhasilan yang terbatas dalam tipe 1 DM; operasi bypass lambung telah berhasil dalam banyak dengan obesitas morbid dan DM tipe 2. Gestational diabetes biasanya sembuh setelah melahirkan. Diabetes tanpa perawatan yang tepat dapat menyebabkan banyak komplikasi. Komplikasi akut termasuk hipoglikemia, ketoasidosis diabetes, atau nonketotic hiperosmolar koma. Komplikasi jangka panjang yang serius termasuk penyakit jantung, gagal ginjal kronis, kerusakan retina. Perawatan yang memadai diabetes demikian penting, serta kontrol tekanan darah dan faktor gaya hidup seperti berhenti merokok dan menjaga berat badan yang sehat.



Pada 2000 sedikitnya 171 juta orang di seluruh dunia menderita diabetes, atau 2,8% dari populasi. Diabetes tipe 2 adalah yang paling umum, yang mempengaruhi 90 sampai 95% dari populasi diabetes AS.



Diabetes tipe 1 mellitus ditandai dengan hilangnya sel beta penghasil insulin dari pulau Langerhans di pankreas menyebabkan kekurangan insulin. Jenis diabetes dapat diklasifikasikan lebih lanjut sebagai kekebalan-dimediasi atau idiopatik. Mayoritas diabetes tipe 1 adalah sifat kekebalan-dimediasi, di mana hilangnya sel beta adalah serangan autoimun sel T dimediasi. Tidak ada tindakan pencegahan dikenal terhadap diabetes tipe 1, yang menyebabkan sekitar 10% kasus diabetes mellitus di Amerika Utara dan Eropa. Orang yang paling terkena dampak sehat dan berat badan yang sehat saat onset terjadi. Sensitivitas dan respon terhadap insulin biasanya normal, terutama pada tahap awal. Diabetes tipe 1 dapat mempengaruhi anak-anak atau orang dewasa, tetapi secara tradisional disebut "juvenile diabetes" karena mewakili mayoritas kasus diabetes pada anak-anak.



DM tipe 2 ditandai dengan resistensi insulin yang dapat dikombinasikan dengan sekresi insulin relatif berkurang. Respon yang rusak dari jaringan tubuh terhadap insulin diyakini melibatkan reseptor insulin. Namun, cacat spesifik tidak diketahui. Diabetes mellitus akibat cacat yang dikenal diklasifikasikan secara terpisah. Diabetes tipe 2 adalah jenis yang paling umum.



Pada tahap awal diabetes tipe 2, kelainan dominan berkurang sensitivitas insulin. Pada tahap ini hiperglikemia dapat dibalik oleh berbagai tindakan dan obat-obatan yang meningkatkan sensitivitas insulin atau mengurangi produksi glukosa oleh hati.



Gestational diabetes mellitus (GDM) menyerupai diabetes tipe 2 dalam beberapa hal, yang melibatkan kombinasi dari sekresi insulin relatif memadai dan responsif. Ini terjadi pada sekitar 2% -5% dari seluruh kehamilan dan dapat meningkatkan atau menghilang setelah melahirkan. Gestational diabetes sepenuhnya dapat disembuhkan tetapi membutuhkan pengawasan medis berhati-hati selama kehamilan. Sekitar 20% -50% dari wanita yang terkena mengembangkan diabetes tipe 2 di kemudian hari.



Meskipun mungkin bersifat sementara, gestational diabetes yang tidak diobati dapat merusak kesehatan janin atau ibu. Risiko untuk bayi meliputi makrosomia (berat lahir tinggi), jantung kongenital dan anomali sistem saraf pusat, dan malformasi otot rangka. Peningkatan insulin janin dapat menghambat produksi surfaktan janin dan menyebabkan sindrom gangguan pernapasan. Hiperbilirubinemia mungkin akibat dari kerusakan sel darah merah. Dalam kasus yang parah, kematian perinatal dapat terjadi, paling sering sebagai akibat dari perfusi plasenta yang buruk karena kerusakan vaskular. Induksi persalinan dapat diindikasikan dengan penurunan fungsi plasenta. Sebuah operasi caesar dapat dilakukan jika ada ditandai gawat janin atau peningkatan risiko cedera yang berhubungan dengan makrosomia, seperti distosia bahu.



Sebuah penelitian di tahun 2008 diselesaikan di AS menemukan bahwa jumlah wanita Amerika memasuki kehamilan dengan diabetes yang sudah ada sebelumnya meningkat. Bahkan tingkat diabetes pada ibu hamil memiliki lebih dari dua kali lipat dalam 6 tahun terakhir. Hal ini terutama bermasalah seperti diabetes meningkatkan risiko komplikasi selama kehamilan, serta meningkatkan potensi bahwa anak-anak dari ibu diabetes juga akan menjadi diabetes di masa depan.



Pra-diabetes menunjukkan suatu kondisi yang terjadi ketika kadar glukosa darah seseorang lebih tinggi dari normal tetapi tidak cukup tinggi untuk diagnosis diabetes tipe 2. Banyak orang ditakdirkan untuk mengembangkan diabetes tipe 2 menghabiskan bertahun-tahun dalam keadaan pra-diabetes yang telah disebut "epidemi kesehatan terbesar di Amerika.": 10-11



Diabetes autoimun laten orang dewasa adalah suatu kondisi di mana Diabetes tipe 1 berkembang pada orang dewasa. Orang dewasa dengan LADA sering awalnya salah didiagnosis sebagai memiliki diabetes tipe 2, berdasarkan usia bukan etiologi.



Beberapa kasus diabetes disebabkan oleh reseptor jaringan tubuh tidak menanggapi insulin (bahkan ketika kadar insulin normal, yang adalah apa yang memisahkannya dari diabetes tipe 2); Bentuk ini sangat jarang. Mutasi genetik (autosomal atau mitokondria) dapat menyebabkan cacat pada fungsi sel beta. Aksi insulin abnormal juga telah ditentukan secara genetis dalam beberapa kasus. Setiap penyakit yang menyebabkan kerusakan yang luas untuk pankreas dapat menyebabkan diabetes (misalnya, pankreatitis kronis dan cystic fibrosis). Penyakit yang berhubungan dengan sekresi berlebihan hormon insulin antagonis dapat menyebabkan diabetes (yang biasanya diselesaikan setelah kelebihan hormon dihapus). Banyak obat mengganggu sekresi insulin dan beberapa racun merusak sel beta pankreas. ICD-10 (1992) entitas diagnostik, diabetes mellitus-malnutrisi terkait (MRDM atau MMDM, ICD-10 kode E12), telah usang oleh Organisasi Kesehatan Dunia ketika taksonomi saat ini diperkenalkan pada tahun 1999.



Penyebab diabetes tergantung pada jenis. Diabetes tipe 2 terutama disebabkan faktor gaya hidup dan genetika.



Diabetes tipe 1 juga sebagian diwariskan dan kemudian dipicu oleh infeksi tertentu, dengan beberapa bukti menunjuk Coxsackie B4 virus. Ada unsur genetik dalam kerentanan individu untuk beberapa pemicu ini yang telah dilacak ke genotipe HLA tertentu (misalnya, genetik "diri" pengidentifikasi yang diandalkan oleh sistem kekebalan tubuh). Namun, bahkan pada mereka yang telah mewarisi kerentanan, diabetes melitus tipe 1 tampaknya membutuhkan pemicu lingkungan.



Berikut ini adalah daftar lengkap penyebab lain dari diabetes:



Cacat genetik sel-β Fungsi



    Kematangan diabetes onset muda (Mody)

    Mutasi DNA mitokondria



Cacat genetik dalam pengolahan insulin atau tindakan insulin



    Cacat pada konversi proinsulin

    Mutasi gen insulin

    Mutasi reseptor insulin



Eksokrin pankreas Cacat



    Pankreatitis kronis

    Pancreatectomy

    Neoplasia pankreas

    Cystic fibrosis

    Hemochromatosis

    Pancreatopathy Fibrocalculous



Endokrinopati



    Kelebihan hormon pertumbuhan (akromegali)

    Sindrom Cushing

    Hipertiroidisme

    Pheochromocytoma

    Glucagonoma



Infeksi



    Infeksi Cytomegalovirus

    Coxsackievirus B



Obat Obatan



    Glukokortikoid

    Hormon tiroid

    agonis β-adrenergik



Insulin adalah hormon utama yang mengatur penyerapan glukosa dari darah ke dalam sel yang paling (terutama otot dan lemak sel, tetapi sel-sel sistem saraf pusat tidak). Oleh karena itu kekurangan insulin atau ketidakpekaan reseptor yang memainkan peran sentral dalam semua bentuk diabetes mellitus.



Manusia mampu mencerna beberapa karbohidrat, khususnya yang paling umum dalam makanan; pati, dan beberapa disakarida seperti sukrosa, yang diubah dalam beberapa jam ke bentuk yang lebih sederhana terutama glukosa monosakarida, sumber energi karbohidrat utama yang digunakan oleh tubuh. Sisanya diteruskan untuk diproses oleh flora usus terutama di usus besar. Insulin dilepaskan ke dalam darah oleh sel beta (sel-β), ditemukan di pulau Langerhans di pankreas, sebagai respons terhadap meningkatnya kadar glukosa darah, biasanya setelah makan. Insulin digunakan oleh sekitar dua-pertiga dari sel-sel tubuh untuk menyerap glukosa dari darah untuk digunakan sebagai bahan bakar, untuk konversi molekul yang diperlukan lainnya, atau untuk penyimpanan.



Diabetes mellitus ditandai dengan hiperglikemia berulang atau persisten, dan didiagnosis dengan menunjukkan salah satu dari berikut ini:



    Puasa plasma tingkat glukosa ≥ 7,0 mmol / L (126 mg / dL).

    ≥ glukosa plasma 11,1 mmol / L (200 mg / dL) dua jam setelah beban glukosa oral 75 g seperti pada tes toleransi glukosa.

    Gejala hiperglikemia dan plasma kasual ≥ glukosa 11,1 mmol / L (200 mg / dL).



Hemoglobin terglikasi (Hb A1C) ≥ 6,5%.



Hasil positif, dengan tidak adanya hiperglikemia tegas, harus dikonfirmasi oleh mengulangi salah satu metode yang tercantum di atas pada hari yang berbeda. Adalah lebih baik untuk mengukur tingkat glukosa puasa karena kemudahan pengukuran dan komitmen waktu yang cukup pengujian toleransi glukosa formal, yang memakan waktu dua jam untuk menyelesaikan dan tidak menawarkan keuntungan prognostik selama tes puasa. Menurut definisi saat ini, dua pengukuran glukosa puasa di atas 126 mg / dL (7,0 mmol / L) dianggap diagnostik untuk diabetes mellitus.



Pada tahun 2000, menurut Organisasi Kesehatan Dunia, setidaknya 171 juta orang di seluruh dunia menderita diabetes, atau 2,8% dari populasi. Insiden meningkat dengan cepat, dan diperkirakan bahwa pada tahun 2030, angka ini hampir akan berlipat ganda. Diabetes mellitus terjadi di seluruh dunia, tetapi lebih sering terjadi (terutama tipe 2) di negara-negara yang lebih maju. Peningkatan terbesar dalam prevalensi, bagaimanapun, diharapkan terjadi di Asia dan Afrika, di mana sebagian besar pasien mungkin akan ditemukan pada tahun 2030. Peningkatan kejadian diabetes di negara berkembang mengikuti tren urbanisasi dan perubahan gaya hidup, mungkin yang paling penting " gaya Barat "diet. Hal ini menyarankan lingkungan (yaitu, makanan) efek, tapi ada sedikit pemahaman tentang mekanisme (s) saat ini, meskipun ada banyak spekulasi, sebagian paling compellingly disajikan.



The "Vincent Deklarasi St" 1990 merupakan hasil dari upaya internasional untuk meningkatkan perawatan yang diberikan kepada orang-orang dengan diabetes. Melakukan hal penting baik dari segi kualitas hidup dan harapan hidup, tetapi juga secara ekonomi-biaya akibat diabetes telah terbukti menguras besar pada sumber daya kesehatan dan produktivitas yang terkait untuk sistem kesehatan dan pemerintah.



Beberapa negara membentuk program diabetes nasional yang lebih dan kurang berhasil untuk meningkatkan pengobatan penyakit.



Sebuah studi menunjukkan bahwa pasien diabetes dengan gejala neuropati seperti mati rasa atau kesemutan di kaki atau tangan dua kali lebih mungkin untuk menjadi pengangguran seperti yang tanpa gejala

No comments:

Post a Comment