Stroke | Pengertian dan Penyebab Stroke | Defenisi Stroke







Stroke, sebelumnya dikenal medis sebagai kecelakaan serebrovaskular (CVA), adalah hilangnya berkembang pesat fungsi otak (s) karena gangguan pada suplai darah ke otak. Hal ini dapat disebabkan oleh iskemia (kekurangan aliran darah) yang disebabkan oleh penyumbatan (trombosis, emboli arteri), atau perdarahan (kebocoran darah). Akibatnya, daerah yang terkena otak tidak dapat berfungsi, yang mungkin mengakibatkan ketidakmampuan untuk bergerak satu atau lebih anggota badan pada satu sisi tubuh, ketidakmampuan untuk memahami atau merumuskan pidato, atau ketidakmampuan untuk melihat satu sisi bidang visual.


Stroke merupakan keadaan darurat medis dan dapat menyebabkan kerusakan permanen neurologis, komplikasi, dan kematian. Ini adalah penyebab utama kecacatan orang dewasa di Amerika Serikat dan Eropa dan penyebab utama kedua kematian di seluruh dunia. Faktor risiko stroke termasuk usia tua, hipertensi (tekanan darah tinggi), stroke sebelumnya atau transient ischemic attack (TIA), diabetes, kolesterol tinggi, merokok dan atrial fibrilasi. Tekanan darah tinggi adalah yang paling penting faktor risiko yang dapat dimodifikasi stroke.





Sebuah silent stroke adalah stroke yang tidak memiliki gejala luar, dan pasien biasanya tidak menyadari mereka menderita stroke. Meski tidak menyebabkan gejala yang dapat diidentifikasi, silent stroke masih menyebabkan kerusakan pada otak, dan menempatkan pasien pada peningkatan risiko untuk kedua serangan iskemik transien dan stroke besar di masa depan. Sebaliknya, mereka yang telah menderita stroke berat yang berisiko memiliki diam strokes.In studi yang luas pada tahun 1998, lebih dari 11 juta orang diperkirakan telah mengalami stroke di Amerika Serikat. Sekitar 770.000 dari stroke ini adalah gejala dan 11 juta yang pertama kalinya infarct diam MRI atau perdarahan. Stroke diam biasanya menyebabkan lesi yang terdeteksi melalui penggunaan neuroimaging seperti MRI. Silent stroke diperkirakan terjadi pada lima kali tingkat stroke gejala. Risiko silent stroke meningkat dengan usia, tetapi juga dapat mempengaruhi orang dewasa dan anak-anak muda, terutama mereka yang akut anemia .





Sebuah stroke iskemik kadang-kadang dirawat di rumah sakit dengan trombolisis (juga dikenal sebagai "buster gumpalan"), dan beberapa stroke hemoragik manfaat dari bedah saraf. Pengobatan untuk memulihkan fungsi yang hilang disebut rehabilitasi stroke, idealnya di unit stroke dan melibatkan profesi kesehatan seperti berbicara dan terapi bahasa, terapi fisik dan terapi okupasi. Pencegahan kekambuhan mungkin melibatkan pemberian obat antiplatelet seperti aspirin dan dipiridamol, kontrol dan pengurangan hipertensi, dan penggunaan statin. Pasien yang dipilih dapat mengambil manfaat dari endarterektomi dan penggunaan antikoagulan.





Definisi tradisional stroke, dirancang oleh Organisasi Kesehatan Dunia pada 1970-an, adalah "defisit neurologis penyebab serebrovaskular yang berlangsung di luar 24 jam atau terganggu oleh kematian dalam waktu 24 jam". Definisi ini seharusnya mencerminkan reversibilitas kerusakan jaringan dan dirancang untuk tujuan tersebut, dengan jangka waktu 24 jam yang dipilih secara sewenang-wenang. Batas 24-jam membagi stroke dari transient ischemic attack, yang merupakan sindrom terkait gejala stroke yang menyelesaikan sepenuhnya dalam waktu 24 jam. Dengan tersedianya perawatan yang, ketika diberikan lebih awal, dapat mengurangi keparahan stroke, banyak sekarang lebih memilih konsep alternatif, seperti serangan otak dan sindrom serebrovaskular iskemik akut (model setelah serangan jantung dan sindrom koroner akut masing-masing), yang mencerminkan pentingnya gejala stroke dan kebutuhan untuk bertindak cepat.





Stroke dapat diklasifikasikan ke dalam dua kategori utama: iskemik dan hemoragik. Stroke iskemik adalah mereka yang disebabkan oleh gangguan suplai darah, sedangkan stroke hemoragik adalah orang-orang yang dihasilkan dari pecahnya pembuluh darah atau struktur pembuluh darah abnormal. Sekitar 87% dari stroke disebabkan oleh iskemia, dan sisanya oleh perdarahan. Beberapa perdarahan mengembangkan wilayah dalam iskemia ("berdarah transformasi"). Tidak diketahui berapa banyak perdarahan benar-benar mulai stroke iskemik.





Dalam stroke iskemik, suplai darah ke bagian otak berkurang, menyebabkan disfungsi jaringan otak di daerah itu. Ada empat alasan mengapa hal ini mungkin terjadi:





1. Trombosis (obstruksi dari pembuluh darah oleh bekuan darah membentuk lokal)


2. Emboli (obstruksi akibat embolus dari tempat lain di tubuh, lihat di bawah),


4. hipoperfusi sistemik (penurunan umum dalam suplai darah, misalnya shock)


5. trombosis vena.





Stroke tanpa penjelasan yang jelas disebut "kriptogenik" (asal tidak diketahui); ini merupakan 30-40% dari semua stroke iskemik.





Ada berbagai sistem klasifikasi untuk stroke iskemik akut. The Oxford Komunitas Klasifikasi Proyek Stroke (OCSP, juga dikenal sebagai klasifikasi Bamford atau Oxford) bergantung terutama pada gejala awal; berdasarkan tingkat gejala, episode stroke diklasifikasikan sebagai jumlah sirkulasi anterior infark (TACI), parsial sirkulasi anterior infark (paci), lacunar infark (Laci) atau sirkulasi posterior infark (POCI). Keempat entitas memprediksi tingkat stroke, area otak yang terkena, penyebab, dan prognosis. The TOAST (Pengadilan Org 10.172 di Stroke Pengobatan akut) klasifikasi berdasarkan gejala klinis serta hasil penyelidikan lebih lanjut; atas dasar ini, stroke diklasifikasikan sebagai akibat (1) trombosis atau emboli karena aterosklerosis arteri besar, (2) emboli asal jantung, (3) oklusi pembuluh darah kecil, (4) penyebab ditentukan lain , (5) penyebab yang belum ditentukan (dua kemungkinan penyebab, tidak ada penyebab diidentifikasi, atau pemeriksaan yang tidak lengkap).





Perdarahan intrakranial adalah akumulasi darah di mana saja di dalam kubah tengkorak. Sebuah perbedaan dibuat antara intra-aksial perdarahan (darah di dalam otak) dan ekstra-aksial perdarahan (darah di dalam tengkorak tetapi di luar otak). Perdarahan intra-aksial adalah karena perdarahan intraparenchymal atau perdarahan intraventrikular (darah dalam sistem ventrikel). Jenis utama ekstra-aksial perdarahan adalah hematoma epidural (perdarahan antara dura mater dan tengkorak), hematoma subdural (di ruang subdural) dan perdarahan subarachnoid (antara mater arachnoid dan pia mater). Sebagian besar sindrom hemorrhagic stroke memiliki gejala spesifik.





Gejala Stroke biasanya mulai tiba-tiba, lebih detik untuk menit, dan dalam kebanyakan kasus tidak berkembang lebih lanjut. Gejala tergantung pada area otak yang terkena. The area yang lebih luas otak yang terkena, semakin banyak fungsi yang mungkin akan hilang. Beberapa bentuk stroke dapat menyebabkan gejala tambahan. Misalnya, dalam perdarahan intrakranial, daerah yang terkena mungkin kompres struktur lainnya. Sebagian besar bentuk stroke tidak berhubungan dengan sakit kepala, selain perdarahan subarachnoid dan trombosis vena serebral dan perdarahan intracerebral sesekali.





Berbagai sistem telah diusulkan untuk meningkatkan pengakuan stroke oleh pasien, kerabat dan darurat responden pertama. Sebuah tinjauan sistematis, memperbarui tinjauan sistematis sebelumnya dari tahun 1994, melihat sejumlah percobaan untuk mengevaluasi seberapa baik temuan pemeriksaan fisik yang berbeda dapat memprediksi ada tidaknya stroke. Ditemukan bahwa kelemahan wajah tiba-tiba, lengan drift (misalnya jika seseorang, ketika diminta untuk mengangkat kedua tangan, tanpa sadar memungkinkan satu tangan melayang ke bawah) dan pidato abnormal temuan yang paling mungkin untuk mengarah pada identifikasi yang benar dari kasus stroke (+ kemungkinan rasio 5,5 jika setidaknya salah satu dari ini hadir). Demikian pula, ketika ketiga ini tidak ada, kemungkinan stroke secara signifikan menurun (- rasio kemungkinan 0,39). Sementara temuan ini tidak sempurna untuk mendiagnosis stroke, fakta bahwa mereka dapat dievaluasi relatif cepat dan mudah membuat mereka sangat berharga dalam pengaturan akut.





Stroke trombotik trombus (bekuan darah) biasanya terbentuk di sekitar plak aterosklerotik. Karena penyumbatan arteri yang bertahap, onset stroke trombotik gejala lebih lambat. Sebuah trombus itu sendiri (bahkan jika non-occluding) dapat menyebabkan stroke emboli (lihat di bawah) jika trombus terputus, di mana titik itu disebut "embolus." Dua jenis trombosis dapat menyebabkan stroke:





* Penyakit pembuluh besar melibatkan umum dan internal yang karotis, tulang belakang, dan Lingkaran Willis. Penyakit yang dapat membentuk trombus dalam pembuluh besar termasuk (dalam insiden menurun): aterosklerosis, vasokonstriksi (pengetatan arteri), aorta, diseksi karotis atau arteri vertebralis, berbagai penyakit radang dinding pembuluh darah (Takayasu arteritis, arteritis sel raksasa, vaskulitis), vasculopathy PERADANGAN, penyakit Moyamoya dan displasia fibromuskular.


* Penyakit pembuluh kecil melibatkan arteri kecil di dalam otak: cabang lingkaran Willis, arteri serebri, batang, dan arteri yang timbul dari distal vertebral dan arteri basilar. Penyakit yang dapat membentuk trombus dalam pembuluh darah kecil termasuk (dalam insiden menurun): Lipohialinosis (build-up dari hialin lemak materi di pembuluh darah akibat tekanan darah tinggi dan penuaan) dan degenerasi fibrinoid (stroke melibatkan pembuluh ini dikenal sebagai infark lakunar) dan microatheroma (plak aterosklerotik kecil).





Sel sabit anemia , yang dapat menyebabkan sel darah menggumpal dan memblokir pembuluh darah, juga dapat menyebabkan stroke. Stroke adalah pembunuh utama kedua orang di bawah 20 yang menderita sel sabit anemia .





Stroke emboli mengacu pada penyumbatan arteri oleh embolus arteri, partikel bepergian atau puing-puing dalam aliran darah arteri yang berasal dari tempat lain. Embolus yang paling sering adalah trombus, tetapi juga bisa menjadi sejumlah zat lain termasuk lemak (misalnya dari sumsum tulang pada patah tulang), udara, sel-sel kanker atau rumpun bakteri (biasanya dari endokarditis infeksi).





Karena embolus muncul dari tempat lain, terapi lokal memecahkan masalah hanya sementara. Dengan demikian, sumber embolus harus diidentifikasi. Karena penyumbatan emboli ini tiba-tiba onset, gejala biasanya maksimal saat start. Juga, gejala bisa bersifat sementara sebagai embolus sebagian diserap dan bergerak ke lokasi yang berbeda atau menghilang sama sekali.





Stroke iskemik terjadi karena hilangnya suplai darah ke bagian otak, memulai kaskade iskemik. Jaringan otak berhenti berfungsi jika kekurangan oksigen selama lebih dari 60 sampai 90 detik dan setelah sekitar tiga jam, akan menderita cedera ireversibel mungkin menyebabkan kematian jaringan, yaitu, infark. (Inilah sebabnya mengapa TPA (misalnya Streptokinase, Alteplase) hanya diberikan sampai tiga jam sejak timbulnya stroke.) Aterosklerosis dapat mengganggu suplai darah dengan mempersempit lumen pembuluh darah yang menyebabkan penurunan aliran darah, dengan menyebabkan pembentukan bekuan darah di dalam kapal, atau dengan melepaskan hujan emboli kecil melalui disintegrasi plak aterosklerotik. Infark emboli terjadi ketika emboli terbentuk di tempat lain dalam sistem peredaran darah, biasanya di jantung sebagai konsekuensi dari fibrilasi atrium, atau di arteri karotis, putus, masukkan sirkulasi otak, kemudian mengajukan dan menutup jalan pembuluh darah otak. Karena pembuluh darah di otak sekarang tersumbat, otak menjadi rendah energi, dan dengan demikian resort dalam menggunakan respirasi anaerobik dalam wilayah jaringan otak dipengaruhi oleh iskemia. Sayangnya, jenis respirasi menghasilkan kurang adenosine triphosphate (ATP), tetapi melepaskan oleh-produk yang disebut asam laktat. Asam laktat merupakan iritan yang berpotensi menghancurkan sel-sel karena asam dan mengganggu keseimbangan asam-basa normal dalam otak. Daerah iskemia disebut sebagai "penumbra iskemik".





Kemudian, oksigen atau glukosa menjadi habis dalam jaringan otak iskemik, produksi senyawa fosfat energi tinggi seperti adenosin trifosfat (ATP) gagal, menyebabkan kegagalan proses yang bergantung pada energi (seperti memompa ion) yang diperlukan untuk kelangsungan hidup sel jaringan. Ini set off rangkaian acara yang saling terkait yang mengakibatkan cedera seluler dan kematian. Penyebab utama cedera neuronal adalah pelepasan neurotransmitter glutamat rangsang. Konsentrasi glutamat di luar sel-sel sistem saraf biasanya tetap rendah oleh apa yang disebut operator serapan, yang didukung oleh gradien konsentrasi ion (terutama Na +) di membran sel. Namun, stroke memotong pasokan oksigen dan glukosa yang kekuatan ion pompa mempertahankan gradien ini. Akibatnya gradien ion transmembran lari ke bawah, dan transporter glutamat berbalik arah mereka, melepaskan glutamat ke dalam ruang ekstraselular. Glutamat bekerja pada reseptor pada sel-sel saraf (terutama reseptor NMDA), menghasilkan masuknya kalsium yang mengaktifkan enzim yang mencerna sel protein, lipid dan bahan nuklir. Masuknya kalsium juga dapat menyebabkan kegagalan mitokondria, yang dapat menyebabkan lebih lanjut terhadap penurunan energi dan dapat memicu kematian sel akibat apoptosis.





Stroke hemoragik mengakibatkan cedera jaringan dengan menyebabkan kompresi jaringan dari hematoma berkembang atau hematoma. Hal ini dapat merusak dan melukai jaringan. Selain itu, tekanan dapat menyebabkan hilangnya suplai darah ke jaringan yang terkena dengan menghasilkan infark, dan darah yang dikeluarkan oleh pendarahan otak tampaknya memiliki efek toksik langsung pada jaringan otak dan pembuluh darah.





Stroke didiagnosis melalui beberapa teknik: pemeriksaan neurologis (seperti NIHSS), CT scan (paling sering tanpa tambahan kontras) atau scan MRI, USG Doppler, dan arteriografi. Diagnosis stroke itu sendiri klinis, dengan bantuan dari teknik pencitraan. Teknik pencitraan juga membantu dalam menentukan subtipe dan menyebabkan stroke. Ada belum ada tes darah biasa digunakan untuk diagnosis stroke itu sendiri, meskipun tes darah mungkin bisa membantu untuk mengetahui penyebab kemungkinan stroke.





Mengingat beban penyakit stroke, pencegahan merupakan masalah kesehatan masyarakat yang penting. Pencegahan primer kurang efektif daripada pencegahan sekunder (sebagaimana dinilai dengan jumlah yang diperlukan untuk merawat untuk mencegah satu stroke per tahun). Pedoman baru-baru ini detail bukti untuk pencegahan primer stroke. Karena stroke mungkin menunjukkan aterosklerosis yang mendasarinya, penting untuk menentukan risiko pasien penyakit kardiovaskular lain seperti penyakit jantung koroner. Sebaliknya, aspirin menganugerahkan beberapa perlindungan terhadap stroke pertama pada pasien yang telah mengalami infark miokard atau pasien dengan risiko kardiovaskular yang tinggi.





Faktor risiko yang dapat dimodifikasi yang paling penting untuk stroke adalah tekanan darah tinggi dan atrial fibrilasi (walaupun besarnya efek ini kecil: bukti dari percobaan Medical Research Council adalah bahwa 833 pasien harus dirawat selama 1 tahun untuk mencegah satu stroke). Faktor risiko yang dapat dimodifikasi lainnya termasuk kadar kolesterol darah tinggi, diabetes, merokok (aktif dan pasif), konsumsi alkohol berat dan penggunaan narkoba, kurangnya aktivitas fisik, obesitas dan diet yang tidak sehat. Penggunaan alkohol bisa menyebabkan rentan terhadap stroke iskemik, dan intraserebral dan perdarahan subarachnoid melalui beberapa mekanisme (misalnya melalui hipertensi, atrial fibrilasi, rebound Trombositosis dan agregasi platelet dan gangguan pembekuan). Obat-obatan yang paling sering dikaitkan dengan stroke kokain, amfetamin menyebabkan hemorrhagic stroke, tapi juga over-the-counter batuk dan obat pilek yang mengandung simpatomimetik.





Hipertensi menyumbang 35-50% risiko stroke. Studi epidemiologis menunjukkan bahwa bahkan penurunan tekanan darah kecil (5 sampai 6 mmHg sistolik, 2 sampai 3 mmHg diastolik) akan menghasilkan stroke 40% lebih sedikit. Menurunkan tekanan darah telah meyakinkan terbukti mencegah stroke iskemik dan hemoragik baik. Hal ini sama pentingnya dalam pencegahan sekunder. Bahkan pasien yang lebih tua dari 80 tahun dan orang-orang dengan hipertensi sistolik terisolasi manfaat dari terapi antihipertensi. Studi menunjukkan bahwa hasil terapi antihipertensi intensif dalam pengurangan risiko yang lebih besar. Bukti yang tersedia tidak menunjukkan perbedaan besar dalam pencegahan stroke antara obat antihipertensi -therefore, faktor lain seperti perlindungan terhadap bentuk-bentuk lain dari penyakit kardiovaskular harus dipertimbangkan dan biaya.





Pasien dengan atrial fibrilasi memiliki risiko 5% setiap tahun untuk mengembangkan stroke, dan risiko ini bahkan lebih tinggi pada mereka dengan atrial fibrilasi katup. Tergantung pada risiko stroke, antikoagulasi dengan obat-obatan seperti aspirin atau coumarins dijamin untuk pencegahan stroke.





Kadar kolesterol tinggi telah konsisten dikaitkan dengan (iskemik) stroke. Statin telah terbukti mengurangi risiko stroke sekitar 15%. Karena meta-analisis sebelumnya obat penurun lipid lainnya tidak menunjukkan penurunan risiko, statin mungkin mengerahkan efek mereka melalui mekanisme selain efek penurun lipid mereka.





Pasien dengan diabetes mellitus adalah 2 sampai 3 kali lebih mungkin untuk mengembangkan stroke, dan mereka umumnya memiliki hipertensi dan hiperlipidemia. Pengendalian penyakit intensif telah terbukti mengurangi komplikasi mikrovaskuler seperti nefropati dan retinopati tetapi komplikasi makrovaskular tidak seperti stroke.





Antikoagulan oral seperti warfarin telah menjadi andalan pencegahan stroke selama lebih dari 50 tahun. Namun, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa aspirin dan obat antiplatelet sangat efektif dalam pencegahan sekunder setelah stroke atau transient ischemic attack. Dosis rendah aspirin (75-150 mg misalnya) adalah sebagai efektif sebagai dosis tinggi tetapi memiliki efek samping yang lebih sedikit; dosis efektif terendah tetap tidak diketahui. Thienopyridines (clopidogrel, tiklopidin) "mungkin sedikit lebih efektif" daripada aspirin dan memiliki penurunan risiko perdarahan gastrointestinal, tetapi mereka lebih mahal. Peran yang tepat mereka masih kontroversial. Tiklopidin memiliki ruam kulit lebih, diare, neutropenia dan trombotik purpura thrombocytopenic. Dipyridamole dapat ditambahkan ke terapi aspirin untuk memberikan manfaat tambahan kecil, meskipun sakit kepala adalah efek samping yang umum. Aspirin dosis rendah juga efektif untuk pencegahan stroke setelah mengalami infark miokard. Kecuali pada fibrilasi atrium, antikoagulan oral tidak disarankan untuk kepentingan pencegahan stroke -Setiap diimbangi oleh resiko pendarahan.





Rehabilitasi stroke adalah proses dimana pasien dengan menonaktifkan stroke menjalani perawatan untuk membantu mereka kembali ke kehidupan normal sebanyak mungkin dengan mendapatkan kembali dan belajar kembali keterampilan hidup sehari-hari. Hal ini juga bertujuan untuk membantu korban memahami dan beradaptasi dengan kesulitan, mencegah komplikasi sekunder dan mendidik anggota keluarga untuk memainkan peran pendukung.





Sebuah tim rehabilitasi biasanya multidisiplin karena melibatkan staf dengan keterampilan yang berbeda bekerja sama untuk membantu pasien. Ini termasuk staf perawat, fisioterapi, terapi okupasi, wicara dan terapi bahasa, dan biasanya dokter terlatih dalam pengobatan rehabilitasi. Beberapa tim juga mungkin termasuk psikolog, pekerja sosial, dan apoteker sejak setidaknya sepertiga dari pasien nyata depresi pasca stroke. Instrumen divalidasi seperti skala Barthel dapat digunakan untuk menilai kemungkinan pasien stroke yang mampu mengurus rumah dengan atau tanpa dukungan setelah debit dari rumah sakit.





Asuhan keperawatan yang baik merupakan hal yang fundamental dalam menjaga perawatan kulit, makan, hidrasi, posisi, dan pemantauan tanda-tanda vital seperti suhu, denyut nadi, dan tekanan darah. Rehabilitasi stroke dimulai segera.





Bagi sebagian besar pasien stroke, terapi fisik (PT) dan terapi okupasi (OT), patologi wicara-bahasa (SLP) merupakan landasan proses rehabilitasi. Seringkali, teknologi bantu seperti kursi roda, pejalan kaki, tongkat, dan orthosis mungkin bermanfaat. PT dan PL memiliki area kerja yang tumpang tindih tetapi bidang perhatian utama mereka adalah; PT berfokus pada rentang gerak sendi dan kekuatan dengan melakukan latihan dan fungsi lainnya motorik kasar re-learning tugas fungsional seperti mobilitas tidur, mentransfer, berjalan dan. Fisioterapi juga dapat bekerja dengan pasien untuk meningkatkan kesadaran dan penggunaan sisi hemiplegia. Rehabilitasi melibatkan bekerja pada kemampuan untuk menghasilkan gerakan yang kuat atau kemampuan untuk melakukan tugas dengan menggunakan pola normal. Penekanan sering terkonsentrasi pada tugas-tugas fungsional dan tujuan pasien. Salah satu contoh fisioterapi terapkan untuk meningkatkan pembelajaran motorik melibatkan terapi gerakan kendala yang disebabkan. Melalui praktek terus menerus pasien relearns untuk menggunakan dan mengadaptasi ekstremitas hemiplegia selama kegiatan fungsional untuk membuat perubahan permanen abadi. PL terlibat dalam pelatihan untuk membantu mempelajari kembali kegiatan sehari-hari dikenal sebagai Kegiatan hidup sehari-hari (ADL) seperti makan, minum, berpakaian, mandi, memasak, membaca dan menulis, dan buang air. Pidato dan terapi bahasa yang sesuai untuk pasien dengan gangguan produksi ujaran: disartria dan apraxia berbicara, aphasia, gangguan kognitif-komunikasi dan / atau disfagia (masalah dengan menelan).





Pasien mungkin memiliki masalah tertentu, seperti disfagia, yang dapat menyebabkan materi ditelan untuk masuk ke dalam paru-paru dan menyebabkan pneumonia aspirasi. Kondisi dapat membaik seiring berjalannya waktu, tetapi dalam interim, tabung nasogastrik dapat dimasukkan, memungkinkan makanan cair untuk diberikan langsung ke perut. Jika menelan masih dianggap tidak aman, maka perkutan endoskopik gastrostomy (PEG) tabung berlalu dan ini dapat tetap tanpa batas.





Pengobatan spastisitas berhubungan dengan stroke sering melibatkan mobilisasi dini, biasanya dilakukan oleh fisioterapis, dikombinasikan dengan pemanjangan otot kejang dan berkelanjutan peregangan melalui berbagai posisi. Mendapatkan perbaikan awal dalam rentang gerak sering dicapai melalui pola rotasi irama yang terkait dengan anggota badan yang terkena. Setelah lengkap telah dicapai oleh terapis, ekstremitas harus diposisikan dalam posisi diperpanjang untuk mencegah terhadap kontraktur lanjut, kerusakan kulit, dan tidak digunakan ekstremitas dengan menggunakan splints atau alat-alat lain untuk menstabilkan sendi. Dingin dalam bentuk es membungkus atau kemasan es telah terbukti mengurangi sebentar spastisitas dengan peredam sementara tingkat pembakaran saraf. Stimulasi listrik ke otot-otot antagonis atau getaran juga telah digunakan dengan beberapa keberhasilan.





Rehabilitasi stroke harus dimulai secepat mungkin dan dapat berlangsung dari beberapa hari untuk lebih dari satu tahun. Sebagian besar kembalinya fungsi terlihat dalam beberapa bulan pertama, dan kemudian perbaikan jatuh dengan "jendela" dianggap resmi oleh unit rehabilitasi negara bagian AS dan lain-lain akan ditutup setelah enam bulan, dengan sedikit kesempatan untuk perbaikan lebih lanjut. Namun, pasien telah dikenal untuk terus meningkatkan selama bertahun-tahun, mendapatkan kembali dan memperkuat kemampuan seperti menulis, berjalan, berlari, dan berbicara. Latihan rehabilitasi sehari-hari harus terus menjadi bagian dari rutinitas pasien stroke yang itu. Pemulihan lengkap tidak biasa tetapi tidak mustahil dan sebagian besar pasien akan meningkatkan sampai batas tertentu: diet yang tepat dan olahraga yang dikenal untuk membantu otak untuk pulih.





Beberapa metode terapi saat ini dan masa depan mencakup penggunaan realitas dan video game virtual untuk rehabilitasi. Bentuk-bentuk rehabilitasi menawarkan potensi untuk memotivasi pasien untuk melakukan tugas-tugas terapi tertentu yang banyak bentuk lain tidak. Banyak klinik dan rumah sakit yang mengadopsi penggunaan ini off-the-rak perangkat untuk latihan, interaksi sosial dan rehabilitasi karena mereka terjangkau, dapat diakses dan dapat digunakan dalam klinik dan rumah.





Cacat mempengaruhi 75% dari penderita stroke yang cukup untuk mengurangi kerja mereka. Stroke dapat mempengaruhi pasien secara fisik, mental, emosional, atau kombinasi dari ketiganya. Hasil stroke sangat bervariasi tergantung pada ukuran dan lokasi lesi. Disfungsi sesuai dengan daerah di otak yang telah rusak.





Beberapa cacat fisik yang dapat mengakibatkan stroke termasuk kelemahan otot, mati rasa, luka tekanan, pneumonia, inkontinensia, apraxia (ketidakmampuan untuk melakukan gerakan-gerakan yang dipelajari), kesulitan melakukan kegiatan sehari-hari, kehilangan nafsu makan, kehilangan bicara, kehilangan penglihatan, dan nyeri. Jika stroke cukup parah, atau di lokasi tertentu seperti bagian dari batang otak, koma atau kematian dapat terjadi.





Masalah emosional akibat stroke dapat disebabkan oleh kerusakan langsung ke pusat-pusat emosi di otak atau dari frustrasi dan kesulitan beradaptasi dengan keterbatasan baru. Pasca-stroke kesulitan emosional termasuk kecemasan, serangan panik, datar mempengaruhi (kegagalan untuk mengekspresikan emosi), mania, apatis, dan psikosis.





Stroke bisa segera menjadi penyebab kematian paling umum di seluruh dunia. Stroke saat ini penyebab utama kedua kematian di dunia Barat, peringkat setelah penyakit jantung dan kanker sebelum, dan menyebabkan 10% kematian di seluruh dunia. Disparitas geografis di kejadian stroke telah diamati, termasuk adanya "Stroke belt" di Amerika Serikat tenggara, namun penyebab perbedaan ini belum dijelaskan.





Insiden stroke meningkat secara eksponensial dari 30 tahun, dan etiologi bervariasi menurut usia. Usia lanjut adalah salah satu faktor risiko stroke yang paling signifikan. 95% dari stroke terjadi pada orang usia 45 dan lebih tua, dan dua pertiga dari stroke terjadi pada mereka yang berusia lebih dari 65 tahun resiko seseorang meninggal jika dia memang memiliki stroke juga meningkat dengan usia. Namun, stroke dapat terjadi pada semua usia, termasuk pada anak-anak.





Anggota keluarga mungkin memiliki kecenderungan genetik untuk stroke atau berbagi gaya hidup yang memberikan kontribusi untuk stroke. Tingginya tingkat Von Willebrand factor lebih umum di antara orang-orang yang telah mengalami stroke iskemik untuk pertama kalinya. Hasil penelitian ini menemukan bahwa satu-satunya faktor genetik yang signifikan adalah golongan darah seseorang. Setelah mengalami stroke di masa lalu sangat meningkatkan risiko seseorang dari stroke di masa depan.


No comments:

Post a Comment