Pantai Pantai Tenggiri Bangka Belitung | Pesona Batu Karang Bangka Belitung Tenggiri Beach Beach | Coral Stone Charm




Keindahan Alam Tenggiri
Pada awalnya, masyarakat sungailiat menyebut pantai ini sebagai pantai Hakok, kmudian sebagai pantai Tenggiri. Pantai Parai merupakan pantai paling indah dideretan pantai timur Pulau Bangka. Sejak dulu ketika masih disebut Hakok, pantai ini merupakan kawasan yang paling digemari untuk dikunjunggi oleh masyarakat setempat. Bebatuan yang banyak terdapat di pantai ini, bagaikan sebuah dekorasi alam yang sangat indah. Pantai ini memiliki sebauh resort dengan hotel bintang 4 yakni parai beach resort. Merupakan satu-satunya kawasan tujuan wisata pantai bertarap internasional yang patut dibanggakan dipulau bangka. Hampir semua fasilitas tersedia, mulai dari akomodasi, restauran, bar and grill, café, kolam renang, bahkan sport and leisure.







Keindahan Batu Karang
Di ujung kiri pantai, terdapat sebuah gugusan bebatuan yang di tata dengan apik dan di namakan Rock Island. Pada malam hari, pengunjung dapat bersantai sambil menikmati hidangan lezat dan minuman bar, sambil mendengarkan deburan ombak yang menerpa bebatuan tanpa henti. Akses menuju ke sana melalui sebuah jembatan dengan penerangan lampu di sepanjang tepi kanan dan kirinya. Pengunjung dapat berjalan kaki menuju ke Rock Island sambil menikmati pemandangan laut dan riakan ombak.


Pantai Parai Tenggiri merupakan pantai yang terletak di Sungailiat, sekitar 40 km dari Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang. Pantai ini cukup landai dan memiliki ombak yang lembut. Kondisi pantai yang seperti ini, sangat memungkinkan para wisatawan untuk berenang dan bermain air di sepanjang bibir pantai. Pasirnya yang putih dan air lautnya yang hijau, semakin menambah nilai kecantikan pantai ini.
Parai Tenggiri merupakan pantai paling populer dan eksklusif di Provinsi Bangka Belitung. Hal ini dikarenakan pantai ini tidak lagi dikelola oleh pemerintah, melainkan ditangani secara profesional oleh pihak swasta. Saat ini, kawasan Pantai Parai Tenggiri ditetapkan sebagai kawasan wisata hijau dengan sebutan Parai Green Resort. Karena, pengelola tempat wisata ini memiliki kepedulian yang besar terhadap usaha penyelamatan lingkungan, dengan cara selalu berusaha mengurangi penggunaan bahan-bahan yang dapat mencemari pantai, seperti plastik, dan menanam banyak pohon di lokasi wisata ini.


Daya tarik lain dari pantai ini adalah adanya batu-batu karang yang besar, dengan beragam bentuk yang unik, yang tidak dapat dijumpai di daerah lain. Bebatuan karang inilah yang membuat pemandangan di pantai ini menjadi lebih istimewa, dan kerap kali mengundang decak kagum para pengunjung. Dari atas batu-batu karang ini, pengunjung dapat duduk santai untuk menikmati keindahan Laut Cina Selatan yang teduh dan berombak kecil. Pada malam hari, pengunjung dapat dengan leluasa menikmati suasana malam di pinggir pantai, yang diwarnai cahaya dari kapal-kapal yang tengah berlayar, sambil menikmati penganan seperti ubi goreng keju, pisang goreng keju, kolak labu merah, ataupun minuman hangat, yang bisa dibeli di restoran terdekat.


Selain menikmati keindahan alam dan suasananya, pengunjung juga dapat melakukan rekreasi bahari yang menarik lainnya. Bagi wisatawan yang hobi memancingj di pantai ini tersedia penyewaan perahu pancing lengkap dengan semua peralatannya. Mau yang sedikit lebih menantang? Pengunjung dapat saja melakukan permainan banana boating ataupun parasaiting. Atau, pengunjung pun dapat melakukan diving untuk menikmati kekayaan terumbu karang di kawasan pantai yang berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan ini.


Pantai Parai Tenggiri terletak di daerah Matras, Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, Indonesia.


Untuk mencapai pantai ini, dari Bandara, pengunjung dapat menggunakan beragam jenis kendaraan yang bisa disewa di Bandara Depati Amir. Jika ingin menggunakan angkutan umum, dari Pangkal Pinang pengunjung dapat menumpang angkutan kota jenis coit, jurusan Pangkal Pinang—Sungai Liat dan membayar ongkos Rp 6.000,00. Dari Sungai Liat, perjalanan dapat diteruskan dengan menggunakan becak motor sampai ke kawasan Pantai Parai Tenggiri. Untuk menggunakan becak motor ini, pengunjung perlu membayar sekitar Rp 40.000,00 untuk rute pergi-pulang. (April 2008)


Untuk memasuki kawasan Pantai Parai Tenggiri, harga tiket yang dikenakan kepada pengunjung sebesar Rp 25.000,00 per orang. Tiket ini, nantinya dapat ditukarkan dengan makanan atau minuman di restoran, di pinggir pantai.


Pengelola Pantai Parai Tenggiri membangun dua resort, yakni Parai Pool Vilas Resort &. Spa dan Parai Beach Resort & Spa. Kedua resort ini menyediakan beragam fasilitas seperti: hotel, restoran, pemancingan ikan, areal outbond, dan spa. Selain itu, pengunjung juga dapat menyewa peralatan untuk jet ski, banana boating, parasailing, serta diving. Bagi pengunjung yang ingin mencoba parasaifing atau diving namun belum memiliki pengalaman tidak perlu khawatir. Karena, pengelola pantai ini menyediakan instruktur berpengalaman yang dapat memberikan petunjuk cara penggunaan dan pelatihan terlebih dulu kepada para turis.

No comments:

Post a Comment